Beranda | Artikel
Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar - Aktualisasi Akhlak Muslim (Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.)
Senin, 19 Oktober 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary

Ceramah agama Islam oleh: Ustadz Abu Ihsan Al-Atsary, M.A.

Ringkasan Ceramah Agama: Aktualisasi Akhlak Muslim

Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar

Sebagai agama yang berisfat rahmatan lil ‘alamin, Islam memerintahkan umatnya untuk bersikap ihsan kepada non-muslim. Meski orang-orang tersebut tidak seakidah, kita tetap diwajibkan mempergauli mereka dengan baik. Sikap ini ditunjukkan dengan niat mendakwahi mereka agar menerima agamaNya.

Terutama terhadap mereka yang tinggal di sekitar kita serta tidak terang-terangan memusuhi Islam. Maka kita dituntut untuk bermuamalah secara baik dengan tetap memperhatikan kaidah al-wala wal bara’.

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَبِمَا نَقْضِهِم مِّيثَاقَهُمْ لَعنَّاهُمْ وَجَعَلْنَا قُلُوبَهُمْ قَاسِيَةً يُحَرِّفُونَ الْكَلِمَ عَن مَّوَاضِعِهِ وَنَسُواْ حَظّاً مِّمَّا ذُكِّرُواْ بِهِ وَلاَ تَزَالُ تَطَّلِعُ عَلَىَ خَآئِنَةٍ مِّنْهُمْ إِلاَّ قَلِيلاً مِّنْهُمُ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاصْفَحْ إِنَّ اللّهَ يُحِبُّ الْمُحْسِنِينَ

“Karena mereka melanggar janjinya, Kami kutuki mereka, dan Kami jadikan hati mereka keras membatu. Mereka suka merobah perkataan (Allah) dari tempat-tempatnya , dan mereka (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah diperingatkan dengannya, dan kamu (Muhammad) senantiasa akan melihat kekhianatan dari mereka kecuali sedikit diantara mereka (yang tidak berkhianat), maka maafkanlah mereka dan biarkan mereka, sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Maidah [5]: 13)

Kemudian, perintah supaya ihsan mempunyai cakupan yang luas. Ia tidak hanya ditujukan kepada sesama manusia, tetapi juga kepada alam dengan segenap isisnya, seperti: tumbuhan, binatang, bahkan benda mati.

Bagaimana penjelasan selengkapnya mengenai “Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar” ini? Download segera dan simak ceramah agama ini. Semoga bermanfaat.

Download Ceramah Agama: Ihsan kepada Non-Muslim dan Alam Sekitar

Mari turut bagikan hasil rekaman ataupun link ceramah agama yang bermanfaat ini, melalui jejaring sosial Facebook, Twitter, dan Google+ yang Anda miliki, agar orang lain bisa turut mengambil manfaatnya. Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala membalas kebaikan Anda.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/16578-ihsan-kepada-non-muslim-dan-alam-sekitar-aktualisasi-akhlak-muslim-ustadz-abu-ihsan-al-atsary-ma/